Cara Menginstall JDK pada Ubuntu 10.04

Install JDK di Ubuntu memang jauh berbeda, apalagi bagi kita para kaum newbie, pasti ogah2an install suatu hal yang ribet dimana di masa kelam (ingat si jendela ^_^??) tinggal klik dua kali, beres deh.
Cara install JDK di Ubuntu itu gimana ya?

Kalau install JDK di Jendela, tinggal klik dua kali, next...next...next...kemudian setting path di sistem, beres dah. Nah, terus cara install JDK di Ubuntu gimana ya???

Ternyata caranya tidak begitu susah seperti yang kita bayangkan bersama. Anda sementara ini cukup ikuti instruksi berikut, nanti silakan pelajari sendiri tentang mengapa begini dan mengapa begitunya :-P. Cara instalasi JDK pada ubuntu kurang lebih sebagai berikut:
  1. Download JDK terbaru (klik di sini untuk mempermudah anda mengunduh JDK).
  2. Pastikan bahwa JDK yang anda unduh berekstensi ".bin" (Tanpa tanda petik).
  3. Install JDK di lokasi installer berada. Misalkan anda masih meletakkannya pada direktori download, maka yang harus anda lakukan untuk meng-install JDK adalah: Buka Terminal, kemudian ketik: sudo sh /home/nama_user/Downloads/jdk_versi_terbaru.sh
  4. Jika muncul lisensi pada terminal, baca lisensinya. Kemudian apabila setuju dan tetap berniat melakukan instalasi JDK, ketik yes. kemudian tekan tombol Enter pada keyboard anda.
  5. Hasil instalasi secara otomatis akan berada di direktori user anda (/home/nama_user) bernama JDK_versi_terbaru (JDK_versi_terbaru maksudnya seperti jdk1.6.20, jdk1.6.22, atau bahkan jdk1.7.0).
  6. Karena masih di dalam direktori user, anda harus memindahnya (move/cut) ke direktori local. Caranya ketik di terminal: sudo mv /home/nama_user/JDK_versi_terbaru /usr/local/
  7. Buat settingan PATH pada profile.d dengan nama java.sh. Caranya adalah ketikkan pada terminal: sudo gedit /etc/profile.d/java.sh
  8. kemudian isikan perintah berikut pada java.sh:
    PATH=/usr/local/JDK_versi_terbaru/bin:$PATH:$HOME/bin:./
    export PATH
    export JAVA_HOME=/usr/local/JDK_versi_terbaru
    export CLASSPATH=/usr/local/JDK_versi_terbaru/lib/tools.jar:/usr/local/JDK_versi_terbaru/jre/lib/rt.jar:./

    Finally, Simpan perintah tersebut (Ctrl+S), kemudian close. Kemudian restart (terminal: sudo reboot) PC atau laptop anda. Setelah kembali menyala, check status JDK. (terminal: java -version).

    Respon pada terminal kurang lebih adalah sebagai berikut:
    java version "1.7.0-ea"

    Java(TM) SE Runtime Environment (build 1.7.0-ea-b109)
    Java HotSpot(TM) Client VM (build 19.0-b06, mixed mode, sharing)

    Instalasi JDK telah sukses anda lakukan...

    Sekedar mengingatkan kembali:
    1. Replace/ubah perintah "JDK_versi_terbaru" di atas sesuai dengan nama direktori installer JDK versi yang anda unduh sekarang, misal jdk1.6.20, jdk1.6.22, atau bahkan jdk1.7.0.
    2. Apabila kerepotan mengetik versi JDK pada terminal anda, ketik saja jdk, kemudian tekan tombol tab pada keyboard anda.
    Selamat mencoba...

      Komentar

      Posting Komentar

      Postingan populer dari blog ini

      PART 2: CRUD Dasar Hibernate aplikasi Desktop menggunakan NETBEANS dan XAMPP

      Biar bisa ngetik sepuluh jari tanpa lihat keyboard

      Algoritma Hierarchical Clustering (complete linkage clustering) menggunakan PHP