Cara Install Gnomenu Pada Ubuntu

Simpel kata, jika kita install gnomenu pada ubuntu, maka akan dapat menampilkan menu yang mirip dengan si jendela Pista atau pun sePen :-P. Model-model yang lain juga ada, silakan di-eksplor sendiri nanti sesuai dengan selera. Jika masih kurang juga (pengen coba-coba tema gnomenu lainnya), silakan buka aneka jenis tema gnomenu di sini. Ubuntu secara default tidak menyediakan gnomenu, untuk itu kita harus install terlebih dahulu.
Gnomenu Setting

** Ada dua cara untuk meng-install gnomenu, yaitu cara online dan cara offline.


Cara Online:
step 1: buka terminal, kemudian ketik : sudo add-apt-repository ppa:gnomenu-team/ppa && sudo apt-get update (kemudian tekan ENTER)
step 2: ketikkan : sudo apt-get install gnomenu
step 3: restart/log off, kemudian klik kanan panel (biasanya di bagian atas Desktop), kemudian pilih Add to Panel, cari gnomenu, kemudian add.
Optional Step: Silakan setting tema gnomenu (klik kanan gnomenu, pilih properties) sesuka anda...

Cara Offline:
step 1: download gnomenu versi terbaru di sini. Setelah ter-download, biasanya terdapat di direktori Downloads (/home/nama_user/Downloads)
step 2: ekstrak gnomenu*.tar.gz dengan mengetikkan pada terminal : sudo tar fvxz /home/nama_user/Downloads/gnomenu*.tar.gz (kemudian tekan ENTER)
step 3: lakukan proses make di dalam direktori gnomenu hasil ekstrak-an gnomenu*.tar.gz tadi dengan cara mengetikkan pada terminal: sudo make /home/nama_user/Downloads/gnomenu (tekan ENTER dan akan memproses make)
step 4: Proses instalasi dilakukan di dalam direktori gnomenu hasil pemrosesan make tadi. Untuk proses instalasi, ketikkan pada terminal: sudo make install /home/nama_user/Downloads/gnomenu, lalu tekan Enter. Proses instalasi selesai apabila setelah proses instalasi muncul notifikasi gnomenu installed.
step 5: Lakukan step berikutnya sama seperti step 3 cara online
Lakukan pula Optional step untuk tema gnomenu.

Apakah mudah? silakan mencoba. Apakah sulit? silakan bertanya...

Komentar

  1. nice postinng,
    kalo ngubah halaman login pada 9.10 ke atas itu bagaimana?

    BalasHapus
  2. hmm...sama saja sebenernya, hehehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PART 2: CRUD Dasar Hibernate aplikasi Desktop menggunakan NETBEANS dan XAMPP

Biar bisa ngetik sepuluh jari tanpa lihat keyboard

Algoritma Hierarchical Clustering (complete linkage clustering) menggunakan PHP