Latihan Pauli dengan Aplikasi Java super sederhana "Taklukkan_Pauli"

Pauli adalah semacam tes psikologi dimana menjumlahkan angka yang berdekatan, dimulai dari ujung kiri atas, hingga (dibalik) ujung kanan bawah, dan jumlah angkanya mencapai ribuan, atau kira2 adalah terdapat deretan angka yang berada di kertas A2 Bolak-Balik. Apabila penjumlahan lebih besar dari 10, maka dikurangi 10, jadi misal 6+7=13, maka ditulis 3. Awalnya sih guampang, tp sumpah lama2 gak tau kenapa jadi pusing-pusing gimana gitu, akhirnya 6+3 aja mikir. Sebenernya saya gak tau buat ngasih tips dan trik untuk metode ini, karena saya sendiri pribadi belum bisa menaklukkannya. Tapi pasti dan pasti ada cara untuk menaklukkannya (gak tau kapan, masih proses).

Karena saya termasuk pemalas, jadi saya suka cari cara shortcut untuk menaklukkannya. Daripada nganggur, Akhirnya waktu itu selama 1 jam-an saya buat aplikasi sangat sederhana, yaitu aplikasi taklukkan_pauli, hehehe (jelek sih tampilannya). Untuk jalankan aplikasi ini ada syaratnya:
  1. Setidaknya ngerti dikit (banget) tentang java dan tools yang namanya Netbeans
  2. Bisa ngetik angka pada keyboard PC sebelah kanan (yang kyk calculator itu) tanpa ngelihat, pkoknya reflek aja dah kl misal mau ngetik.
Caranya gampang, Ekstrak dulu aplikasi taklukkan_pauli di direktori yang terserah, di Desktop juga bisa. Selanjutnya adalah Jalankan Netbeans, kemudian open project aplikasi yang bernama taklukkan_pauli lewat netbeans. Setelah itu, run lewat netbeans dengan menekan F6 atau Ctrl+F6.
Taklukkan pauli

 Saya udah nyoba, meskipun belum di testing pada tes yang sebenernya, setidaknya saya rada'2 hafal secara spontan dengan operasi2 perhitungan yang sebelumnya saya rada' mikir, seperti 5+7, 8+7, 7+6, dan sejenisnya deh. Mau nyoba, silakan... :-), semoga membantu...


--------------------------------------
Cara unduh aplikasi:
  1. Buka link di sini
  2. Klik menu File (yang ada di pojok atas kiri), kemudian pilih sub menu "Download" atau "Unduh"
---------------------------------------

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PART 2: CRUD Dasar Hibernate aplikasi Desktop menggunakan NETBEANS dan XAMPP

Biar bisa ngetik sepuluh jari tanpa lihat keyboard

Algoritma Hierarchical Clustering (complete linkage clustering) menggunakan PHP